Wednesday, April 22, 2015

Mother, How Are You Today... In Heaven?

Mother, how are you today?
Here is a note from your daughter.
With me everything is ok.
Mother, how are you today?
Mother, don't worry, I'm fine.
Promise to see you this summer.
This time there will be no delay.
Mother, how are you today?
I found the man of my dreams.
Next time you will get to know him.
Many things happened while I was away.
Mother, how are you today?

Di dunia ini, tentu, bukan saya seorang yang sudah lama tidak lagi pernah merasakan peluk hangat dari seorang ibu. Di luar kehidupan saya sehari-hari, pasti banyak anak gadis lainnya yang tumbuh dewasa tanpa bimbingan dan kasih sayang dari seorang ibu yang melahirkannya. Kami tidak berpisah. Kami hanya punya kesempatan yang berbeda untuk bertemu kembali dengan Allah Swt, Sang Maha Pencipta.

Sejak tahun 2007 yang lalu, keseharian saya sudah terlepas dari sosok wanita terbaik yang pernah saya miliki, yaitu Mama. Saya tahu, sebanyak apapun tulisan saya tentang beliau, beliau tidak akan lagi bisa membacanya di sini. Akan tetapi, saya tahu, kapan pun saya menulis tentang beliau, di mana pun saya menulis tentang beliau, pasti beliau selalu ada lebih dekat dari hati saya sendiri.

Setiap dari kita pasti memiliki rasa rindu yang mendalam pada orang-orang yang telah tiada lagi fisiknya di dalam hari-hari kita. Sekali pun doa yang tidak pernah putus teruntuk beliau, tapi rasa rindu kepada sosok ibu tidak akan pernah ada batasnya, kan?

Memasuki tahun ke-8 setelah Mama wafat, bukan hal yang mudah bagi saya untuk berdiri tanpa bimbingan beliau. Saya harus membiasakan mental diri saya untuk menjalani kehidupan bersama Papa. Papa, beliau adalah orang yang tegas, keras, dan disiplin. Walaupun Papa bukan berlatar belakang militer, tapi saya akui cara Papa membesarkan anak-anaknya bergaya militer. Mungkin hal inilah yang secara sadar tertanam di dalam diri saya sampai sekarang, yaitu kekuatan mental yang memang secara sengaja ditanamkan oleh Papa ke dalam diri anak-anaknya. Saya pun juga tahu dan paham, alasan terdalam Papa mendidik anak-anaknya bergaya militer yang penuh ketegasan dan kedisiplinan. Oleh karena, saya tumbuh dewasa tanpa seorang ibu, maka saya harus mampu menghadapi segala kemungkinan baik dan buruk yang terjadi di kehidupan saya. Oleh karena, saya tumbuh dewasa tanpa pelukan seorang ibu, maka saya harus mampu menahan air mata saya agar tidak jatuh. Oleh karena, saya tumbuh dewasa tanpa semangat seorang ibu, maka saya harus mampu menjadi "manusia seutuhnya" dengan motivasi internal diri saya sendiri.

Tulisan ini saya tulis, bukan karena saya ingin dikasihani oleh orang lain. Saya menulis tentang Mama karena saya sangat mencintai beliau. Ketika kita rindu akan seseorang yang telah tiada lagi di dunia, selain doa, sebuah tulisan mungkin mampu menyimpan perasaan terdalam kita tentangnya.

Saya pun yakin, ketika saya menulis tulisan ini, Mama saya pasti ada di dekat saya. Oleh karena, Mama selalu tinggal di dalam hati saya. Semua kebaikannya, kelembutannya, kelucuannya, keramahannya, keceriwisannya, keahliannya dalam bidang seni, keribetannya, kehebohannya, kesedihannya, kemarahannya, kepandaiannya dalam memasak, semuanya selalu tinggal di hati saya sampai hari ini dan hari-hari saya selanjutnya. Oleh karena, segala sesuatu yang ada di diri Mama, tidak akan pernah bisa digantikan oleh sosok wanita mana pun di dunia ini.

"Ma, saat Ade menulis tulisan ini, sekarang sudah tahun 2015. Sudah delapan tahun ya, Ma, kita nggak pernah ngobrol-ngobrol lagi. Waktu Mama meninggal, Ade masih kelas XI SMA, Ma. Mama tahu, sekali pun Ade sering sedih dan kesepian selama ini, tapi Ade selalu berusaha untuk membuat Mama tersenyum dan bangga di sana. Ade bukan anak yang pintar, tapi Ade sangat nggak mau bikin Mama sedih kalau Ade gagal dalam pendidikan hanya karena tumbuh besar tanpa bimbingan seorang Ibu. Dari situ, Ade justru bertekad, Ade harus bisa membuat Mama bangga pernah memiliki Ade di dunia. Mama kan tahu, Ade anaknya malas belajar, malas beberes rumah, pokoknya pemalas. Tapi, demi Mama, sekarang Ade sudah berhasil mengurangi kemalasan Ade, Ma. Ya walaupun kalau setiap belajar, ujung-ujungnya selalu ketiduran dan bukunya nggak dibaca. Entahlah, kayaknya Ade sebelas-dua belas sama Nobita, Ma. Kena bantal pasti langsung tidur. Payah deh, Ma... hehe maafin ya Ma kalau anak gadis Mama yang satu ini hobinya ketiduran tiap belajar. Tapi, Mama tenang aja, kalau di metromini mau berangkat ke kampus, Ade kadang suka baca buku kuliah, kok walaupun selembar dua lembar. Kalau lagi bengong nggak ada teman ngobrol, Ade juga suka baca buku sambil dengerin musik klasik dan kadang nasyid yang mendukung suasana membaca.

Ma, Mama mau tahu nggak? Sekarang Ade sudah bisa masak loh. Kata Papa sama Mba Ulan, masakan Ade enak banget ngalahin restoran hehehe aah tapi Papa sama Mba Ulan lebay kali tuh Ma :p Papa bilang, rasa masakan Ade sama dengan rasa masakan dari tangan Mama. Ade senang banget loh waktu dibilang begitu sama Papa, Ma. Mama kan tahu, dulu Ade ngulek aja nggak bisa, motong-motong wortel aja nggak beres banget. Ya, tapi memang sejalan dengan waktu, diri Ade kan juga harus berubah ke arah yang lebih positif, Ma. Jadi, mau nggak mau Ade harus belajar satu demi satu tentang kehidupan ini. 

Ma, Alhamdulilah, sekarang ini Ade sudah jadi magister dalam bidang bahasa. Ma, waktu wisuda kemarin Ade jadi wisudawan terbaik di kampus. Ade bersyukur sekali sama Allah Swt karena Allah mengabulkan doa Ade selama ini. Doa Ade nggak lain hanya ingin selalu dimudahkan jalan Ade untuk bisa membuat Papa, Mama, dan Mba Ulan tersenyum karena usaha Ade. Doa Ade untuk bisa berjabat tangan dengan para profesor di kampus juga terwujud, Ma. Walau pun fisik Mama tidak terlihat di mata ini, tapi Ade sangat yakin, waktu prosesi wisuda Ade kemarin, Mama ada untuk melihat Ade disematkan medali oleh rektor universitas. Mama tahu nggak, Ade waktu itu sebenarnya pengen nangis. Tapi, karena di depan Ade banyak ribuan pasang mata, malu juga Ma kalau Ade nangis. 

Mama... seandainya Mama masih ada, pasti Mama nggak percaya kalau anak Mama yang pemalas ini sekarang menjadi pendidik di universitas. Mama, mahasiswa Ade baik-baik dan seru. Ade juga sangat bersyukur karena mahasiswa Ade memberikan respon yang positif ketika Ade mengajar di kelas mereka. Papa aja kadang nggak percaya sama Ade, anak pecicilan begini, ternyata bisa mengajar di kelas hihi. Ade pun kadang suka nggak percaya. Allah baik banget ya, Ma... Dulu, cita-cita Ade kan pengen jadi pebalap motor, dokter, dan guru. Ternyata, salah satunya dipenuhi Allah hari ini. Walaupun cita-cita jago naik motor nggak terpenuhi, nggak apa-apalah Ma hihihi. 

Ma, Mama jangan pernah khawatir... Ade, Papa, Mba Ulan, semuanya baik-baik saja di sini. Ade selalu doakan Papa selalu sehat, supaya bisa menemani Ade dan Mba Ulan sampai kami tua bersama. Supaya Papa bisa melihat anak-anaknya, menantu dan cucu-cucunya berkumpul bersama. Mba Ulan sekarang sedang pendidikan program doktor, Ma. InsyaAllah bulan Agustus 2015 besok pun Ade juga menyusul Mba Ulan untuk sekolah lagi. Maafin Ade ya, Ma... Ade nggak bisa memenuhi impian Mama melihat Ade jadi dokter spesialis jantung. Tapi, Ade janji, Ade akan membuat Mama bangga melihat Ade jadi doktor bahasa dalam usia yang masih muda ini. Ade janji sama Mama dan Papa. Ade juga janji akan memenuhi impian Mama untuk melihat Ade dari hati Ade, ketika Ade menikah dengan pria terbaik yang dihadiahkan Allah untuk menemani Ade hingga Ade meninggal kelak. 

Ade akan selalu mendoakan Mama agar pintu surga selalu terbuka untuk Mama. Jalan Mama selalu terang dalam cahaya-Nya. Dilapangkan kubur Mama... dihapuskan segala kesalahan-kesalahan Mama selama di dunia. Dinaikkan derajat Mama bersama orang-orang yang bertakwa dan beriman untuk dapat mencium wangi surga di sana. Aamiin yaa rabbal alamiin... 

Mama jangan khawatir dengan kami di sini. Nanti, ketika waktunya tiba, kami pun pasti akan menyusul Mama dan kita pasti bisa berkumpul bersama-sama lagi dalam kebahagiaan yang abadi dan hakiki di sisi Allah Swt..."

Teruntuk Mamaku tersayang,
Alm. Ibu Etty Murtiningsih

Semoga kebesaran Allah Swt senantiasa berada di sisi Mama, di sana... Aamiin Allahumma Aamiin...

D.A.F
Jakarta, 22 April 2015, 14:53 WIB












 

No comments: