Sunday, August 23, 2015

OPTIMISM, I CAN DO IT !

“Dan mereka tidaklah diperintahkan melainkan hanya untuk beribadah kepada Allah 
dengan mengikhlaskan amalan mereka.” 
(Quran Surat Al Baiyinah : 5)

“Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh di jalan Kami niscaya Kami akan tunjukkan kepadanya jalan-jalan Kami.  Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang berbuat baik.” 
(Quran Surat Al-Ankabut : 69)

"Work hard in silence. Let your success make the noise!" 

"Ilmu lebih baik daripada harta. 
Ilmu menjagamu, sedang engkau menjaga hartamu." 
(Ali bin Abi Thalib)

***

Ketika masih muda dan belum menikah, tidak ada yang membuat kita merasa lebih bahagia selain bisa melihat senyum haru dari orangtua atas pencapaian yang kita hadiahkan khusus teruntuknya. Kita tidak akan pernah tahu apa cita-cita kita sejak kecil akan tercapai atau tidak di saat kita dewasa kelak. Kita hanya bisa berusaha melakukan hal-hal baik dengan usaha yang maksimal untuk mendapatkan hasil terbaik yang akan kita hadiahkan kepada orang-orang terbaik di dalam hidup dan kehidupan kita. Tidak perlu takut apabila keinginan sejak kecil belum atau tidak tercapai. Tuhan akan selalu membuka jalan terbaik dan jauh lebih baik dari apa yang jadi harapan hamba-Nya pun selama hamba-Nya berusaha dan berdoa.

Ketika hari ini Tuhan memberi kesempatan untuk bersekolah; bersekolahlah dengan rasa tanggung jawab untuk kebutuhan diri sendiri dan kebahagiaan orangtua.

Ketika hari ini Tuhan memberi kesempatan untuk bekerja; bekerjalah dengan rasa tanggung jawab untuk kebutuhan diri sendiri, kebahagiaan orangtua, dan calon pasangan hidup kita - siapa pun ia yang diridhoi Tuhan untuk kita.

Ketika hari ini Tuhan memberi kesempatan untuk bersekolah dan bekerja; bersyukurlah dengan penuh kerendahan hati karena Tuhan memberi kita kesempatan yang lebih dari yang lain.

Pun yang perlu kita ketahui dan pahami bahwa di dunia ini ada dua takdir Tuhan; takdir yang tidak bisa kita ubah (adanya kelahiran, adanya kematian, dan adanya hari akhir), dan takdir yang bisa kita ubah dengan usaha dan doa kita (ilmu, jodoh dalam pertemanan, pekerjaan, dan jodoh dalam arti pasangan hidup, kesehatan jasmani, dan harta).

Ketika masih muda dan belum menikah, itulah masa-masa yang diberikan Tuhan kepada kita untuk bisa membahagiakan orang-orang terbaik di hidup kita, terutama keluarga.

Lakukan yang terbaik apa yang menjadi tugas kita hari ini, bahagiakan hati orangtua, dan bertemanlah dengan orang-orang berilmu yang baik, tulus, dan rendah hati. Segala niat dan usaha yang terbaik pun akan selalu digantikan Tuhan dengan hasil yang terbaik - dengan syarat; kita yakin bahwa hidup kita adalah milik Tuhan.

Jangan pernah sibukkan diri kita untuk memikirkan kita harus jadi ini atau harus jadi itu di hari esok. Kita hanya perlu fokus menjalankan apa yang menjadi tanggung jawab kita hari ini atas apa yang Tuhan berikan kepada kita.

Semangat, jangan pernah bosan untuk belajar meski kadang lelah menghampiri, dan tetaplah belajar untuk menjadi pribadi yang rendah hati dalam keadaan hidup apa pun.

Semoga Tuhan selalu memberkahi hidup dan kehidupan kita. Aamiin.

Bismillah... 11 hari lagi kembali menuju satu fase hidup yang harus disyukuri, dihadapi dan dinikmati; bersekolah.

Salam, 

Dhinar A. Fitriany 

Senin, 24 Agustus 2015 


No comments: